Monday, October 8, 2012

Setting Access Point D-Link

Langsung saja gimana cara setting access point D-Link agar bisa terkoneksi satu sama lain, antara lain sebagai berikut:
1. Panggil alamat IP access point tersebut, untuk alamat default nya khusus D-Link yaitu 192.168.0.50. setelah dipanggil akan nampil seperti gambar dibawah ini:
catatan: Nama pengguna: admin, Sandi: kosongkan

2. Setelah berhasil akan tampil seperti ini:

3. Setelah itu pilih dan klick "Run Wizard", akan tampil seperti ini:


4. Setelah itu masukan password sesuai yang anda inginkan, tampilannya seperti ini:

5. Setelah password sudah di isi kemudian masukan SSID(Service set identifier) dan juga chanel, dimaksudkan agar supaya mengenalan device itu mudah dikenali. Tampilannya sebagai berikut:

6. Setelah di next akan tampil seperti dibawah ini, dimaksudkan untuk encryption password devicenya agar tidak mudah di accsess oleh sembarang orang. Untuk kasus ini saya tidak menggunakan encryption password pada devicenya:
  

7.  Kemudian restart settingan Access Point tersebut dan tunggu sampai selesai:

8.  Setelah berhasil lanjut ke langkah berikutnya yaitu pilih dan klik menu Wireless. pastikan settingan mode, SSID, SSID Broadcast, channel, authenticationnya benar seperti gambar berikut:

9. Kemudian pilih dan klik menu LAN, untuk setting IP address device tersebut:

10. Setelah settingan IP address telah ditentukan, maka jangan heran kalau kalian mau memanggil lagi alamat D-link tadi  akan tidak tersambung dikarenakan IP addressnya telah diganti tadi dari 192.168.0.50(default) menjadi IP address yang kalian tentukan sendiri tadi. Maka untuk mengatasinya kalian harus merubah settingan IP address dari komputer atau laptop kalian menjadi IP address yang tadi di setting.

11.  Settingan terakhir adalah pilih dan klik menu Status, kemudian pilih dan klik sub menu Log. Pastikan bahwa disana Lognya kosong atau bersihakan dulu(clear), kemudian klik Log Server dan pastikan juga bahwa checklist disana tidak ada yaitu system activity, wireless activity, dan notice seperti gambar berikut:


Demikianlah cara setting Access Point D-Link, semoga bermanfaat dan bertanggung jawab dalam penggunaannya..

2 comments: